Header Ads

PSM Makasar vs Bali United: Yang Kalah Lupakan Gelar Juara


Liga Indonesia - PSM vs Bali United: Yang Kalah LupPartai big match akan tersaji di Stadion Mattoanging, Makasar antara PSM versus Bali United, Senin (6/11/2017). Dua tim penghuni papan atas yang sama-sama berambisi meraih gelar juara musim ini bertemu pada ke-33 lanjutan GO-JEK Traveloka Liga 1 2017.

Inilah pertandingan sarat gengsi dan penuh emosi. Apalagi kedua tim sama-sama mengoleksi 62 poin. Posisi di klasemen sementara juga hanya terpaut satu strep. Serdadu Tridatu di urutan kedua dan Juku Eja di bawahnya karena kalah produktivitas gol.

Kemenangan menjadi hal mutlak bagi PSM yang berambisi meraih gelar juara musim ini. Maklum, sudah 17 tahun skuat asuhan Robert Alberts ini puasa gelar. Terakhir diraih musim 1999-2000.

Momen ulang tahun ke-102 November ini juga menjadi alasan untuk dijadikan kado ulangtahun istimewa musim ini.

Robert Alberts mengaku sudah tidak sabar lagi menantikan duel ini. Selain jadi ajang balas dendam setelah dilibas 0-3 di pertemuan pertama, "Tuan Belanda" itu juga sudah tidak sabar menanti selebrasi pemain dan suporter.

"Tim dalam kondisi terbaik. Tidak ada yang cedera atau akumulasi. Motivasi pemain dan tim sedang tinggi untuk mengalahkan Bali United. Ini yang membuat saya tidak sabar menunggu,” ujar Robert Alberts dalam jumpa pers, Minggu (5/11/2017) siang.

Robert Alberts sadar jika kalah di pertadingan ini, dipastikan tersingkir dari persaingan mengejar mahkota juara. "Kami ingin membahagiakan suporter yang selama ini total mendukung PSM," tegas Robert.

Mantan pelatih Arema Indonesa itu menyebut ini akan menjadi pertandingan luar biasa di Liga 1. Sebab dua tim sama-sama tim bagus di Indonesia. Sama-sama punya ambisi meraih juara.

‘’Bali United adalah tim bagus yang punya pemain merata. Saya menghormati mereka. Saya rasa ini akan jadi pertandingan menarik. Dan, kami siap memenangi pertandingan nanti," kat apelatih berusia 63 tahun ini.

Hamka Hamzah, mengamini. Kapten PSM ini juga menegaskan wajib meraih hasil maksimal. Apalagi masih gerbayang dalam ingatannya kala PSM dibantai 0-3 oleh Bali United di depan matanya. Saat itu ia memang tidak main karena harus menjalani sanksi dari Komdis PSSI.

Meski tampil sebagai tim tamu dan berhadapan dengan suporter PSM yang dikenal sangat militan, namun pelatih Bali United Widodo C Putro mengaku tak gentar. ‘’Saya kenal karakter PSM, juga suporternya. Mereka sangat militan. Suporter PSM itu sportif. Mereka selalu menghargai tamu yang datang,” puji Widodo.

Terkait teror penonton, menurut Widodo, itu hal biasa dalam sepak bola. ‘’Kami tidak takut teror. Karena kami datang tidak untuk perang. Kalau untuk perang untuk apa kami datang? Ini sepak bola,” ujarnya.

Pelatih kelahiran Cilacap 46 tahun lalu ini sepakat dengan Robert Albets, pertemuan kedua tim bakal seru dan menarik. ‘’Kalau PSM mau menang, kami juga seperti itu. Kami datang ke Makassar menjaga asa meraih nomor satu. Dan, atas izin Tuhan kami ingin mencuri poin di sini,” tegas Widodo.

Mantan pemain Warna Agung, Petrokimia Putra, dan Persija Jakarta, ini yakin para pemainnya mampu mengatasi tuan rumah. Alasannya, kondisi timnya saat ini tengah on fire. Pemainnya pun hanya Andika Wijaya dan Abdul Rahman yang tak bisa dimainkan karena akumulasi kartu. Ia sudah menyiapkan penggantinya yang kualitasnya setara.

Menurut Widodo, pertandingan ini adalah pertadingan yang sulit bagi kedua tim. Alasanya, selain merupakan partai penentu. dua pelatih juga sama-sama mengetahui kelebihan dan kelemahan lawan. “Inilah menariknya. Saya juga akui PSM tim hebat. Tak pernah kalah di kandang. Tapi ingat kami punya lini depan sangat tajam,” katanya.

Perkiraan Susunan Pemain

PSM (4-2-3-1)

Pelatih: Robert Alberts
20 Rivky Mokodompit;
33 Zulkifli Syukur, 80 Steven Paulle, 23 Hamka Hamzah, 4 Wasyiat Hasbullah;
19 Rizky Pellu, 10 Marc Klok;
7 Zulham Zamrun, 86 Wiljan Pluim, 3 Ferdinand Sinaga;
99 Pavel Purhiskin

Cadangan: 51 Syaiful, 22 Ardan Aras, 5 Reva Adi Utama, 11 Rahmat, 27 Ghozali Siregar, 15 M Arfan, 16 Ridwan Tawainella

Bali United (4-2-3-1)

Pelatih: Widodo C. Putro

21 Made Wardhana;
59 Hasim Kipuw, 32 Ahn Byung Keon, 27 Agus Nova, 8 Ricky Fajrin;
14 Fadil Sausu, 8 M Taufiq;
87 Stefano Lilipaly, 10 Irfan Bachdim, 48 Marcos Flores;
99 Sylvano Comvalius

Cadangan: 81 Wawan Hendrawan, 26 Ngurah Nanak, 11 Yabes Roni, 44 Sukadana, 92 Syakir Sulaiman, 15 Yandi Sofyan, 23 Nick Van Der Velden

Rekor Pertemuan
23/07/2017 Bali United 3-0 PSM
01/09/2014 Bali United 2-1 PSM
02/02/2014 PSM 1-1 Bali Unitedkan Gelar Juara
Powered by Blogger.